Bijak Mengelola Keuangan

Bijak berinvestasi picture taken from: lifehacker.com

Bijak mengelola keuanngan; picture taken from: lifehacker.com

Hai Mama, Calon Mama, Calon Istri ..

Beberapa hari yang lalu, dalam suatu percakapan WA bersama dengan pacar saya, ia mengatakan bahwa ia ingin saya membantu untuk membantunya mengolah dana simpanan bulanannya, happy banget kan ! Bukan hanya karena ia mau memiliki simpanan bulanan tapi karena mendapat kepercayaan bahwa saya, calonnya, ia anggap bisa mengolah keuangan dengan baik.

Saya yakin sharing saya tentang bijak mengelola keuangan  ini bukan cuma buat istri, mama, calon mama atau calon istri.. Tulisan singkat dan gampang dicerna ini buat kita semua yang mau belajar tentang bagaimana sih cara bijak mengatur keuangan. Actually, tulisan seperti ini sudah banyak sekali, mulai dari internet yang gratisan bahkan hingga buku yang  berbayar (otomatis jauh lebih lengkap, bahkan ada simulasinya). Saya sering mendapatkan seminar tentang financial planning  di kantor saya dahulu dari orang-orang yang bukunya sudah best seller di luar sana serta melihat pengalaman orang-orang mengatur keuangan, so saya akan bagikan yang saya tahu.

Mari kita mulai ya!

Bagi saya mengatur keuangan dimulai dengan 3 hal : Miliki Pendapatan, Jangan Berhutang dan Berinvestasilah.

  1. Miliki Pendapatan

Bagaimana mau mengatur keuangan kalau kita tidak punya pendapatan J setuju ga? Pendapatan bisa jadi dari gaji, jualan online shop, jualan pulsa, ikutan MLM, jadi guru les pelajaran atau les musik, dana beasiswa maupun dari orang tua. Buat temen – temen yang masih mengandalkan uang bulanan dari orang tua, yuk semangat, kenali potensi diri dan buat potensi diri menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan. Selain menambah  pendapatan, menggunakan potensi diri berarti mensyukuri anugerah Tuhan dan mengasah keterampilan, trust me, I do !

  1. Jangan Berhutang

Ini pentiing banget banget ! Coba inget – inget, kira-kira apakah kita masih punya hutang? Beli pulsa belum bayar, belum bayar kostan, belum bayar tukang sayur, belum bayar kartu kredit? Saat anda mau mengalokasikan pendapatan, hal yang harus dilakukan adalah melunasi hutang apalagi hutang yang menggunakan bunga dan bunganya tinggi, glek !

Kalau hutangnya banyak gimana ya ?

  • Carilah usaha untuk menambah pendapatan
  • Lunasi hutang dengan bunga yang tertinggi
  • Jangan lanjutkan berhutang lagi !

Boleh ga sih menggunakan kartu kredit? (ini kesimpulan dari pengalaman dan ikut seminar)

  • Periksa diri, apakah kita sudah pandai mengendalikan diri dalam keuangan? Tidak tergiur membeli barang yang sebenernya ga terlalu perlu ?
  • Limit kartu kredit maksimal 30% dari pendapatan anda. Kalau diberikan limit lebih besar dari itu, tanyakan kembali poin awal pada diri anda.
  • Kartu Kredit hanya digunakan karena ada penawaran khusus, fasilitas poin, dan hal yang tidak bisa dibayar dengan menggunakan cash atau kartu debet, misalnnya : mendaftarkan account Iphone/Ipad, membeli buku di amazon. Jangan berpikir bahwa Kartu Kredit adalah kartu yang digunakan untuk membayar saat kita tidak punya uang! Kalau berpikir demikian nanti kita bisa terbelit dengan bunga kartu kredit looh…
  1. Berinvestasilah (menabung, dan lainnya)

Yup, poin ini dari kecil sudah kita pelajari. Menabunglah bukan karena ada uang sisa bulan ini, tapi karena memang sudah kita alokasikan untuk menabung! Kalo nungguin sisa biasanya ga akan ada sisa, bener ga tuh? Berapa sih yang harus saya sisihkan untuk menabung? Jawabannya sebanyak mungkin dan usahakan untuk selalu rutin! Namun perlu diingat, bila anda masih memiliki  hutang, bayarlah dulu hutang anda sebelum menyisihkan untuk menabung.

Kemanakah kita sebaiknya berinvestasi? Kita akan kupas dalam artikel saya selanjutnya di Bijak Berinvestasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s