How to survive in Magister Psychology UI

Hari ini, saya dan Indah (fb: Catharina Sri Indah) baru saja melewati ujian tulis pertama di tengah semester pertama ini, UTS kuantitatif. Kami duduk bersama di @dinosteakpasta yang belum ada wifi nya (22Okt2015) haha..

Kami berbincang, berpikir, apa yang membuat kami survive *setidaknya bertahan* di pertengahan semester 1 kami ini. Kami menuliskan ini dengan harapan tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman lain untuk memahami bahwa kalian ga berjuang sendiri haha ..

  1. Tidur 4 jam sehari (sumber: Mr. Jahja Umar, Ph.D.)

Actually kita ga kaya gini sih, walau kita pernah menembus rekor hanya tidur 3 jam, hhahaha.. Tidur 4 jam sehari ini adalah saran dari dosen statistika kami yang memperoleh gelar Ph.D.-nya di UCLA dengan IPK luar biasa. Dengan waktu tidur yang terbatas ini, beliau bisa lebih banyak membaca materi, menjadi asisten dosen (ga tanggung2-beliau ini asistennya penulis buku dan perancang software statistik terkenal, kalau ga salah Prof. Mutten). Nah, kalau kita mengurangi jam tidur kita pasti banyak waktu untuk bisa mempelajari sesuatu.. Saat ini saya dan Indah menghabiskan rata-rata 5-6 jam setiap harinya untuk istirahat; sisanya udah produktif apa belom? haha

  1. Jangan menonton TV kecuali tidak disengaja? (sumber: Mr. Jahja Umar, Ph.D.)

Yup, poin nomor 2 ini juga dari dosen kita; beliau benar-benar fokus belajar. Untuk poin ini terus terang kami kurang setuju, ada baiknya kita nonton berita untuk mengetahui permasalahan sosial yang terjadi hari-hari ini. Masa sih calon psikolog ga update? Hahaa…

  1. Lebih baik membaca sedikit setiap hari dibandingkan membaca banyak namun tidak rutin (sumber: Mr. Donny Hendrawan, Ph.D.)

Di kelas neuropsikologi dewasa, Mas Donny menyatakan bahwa dengan membaca rutin otak kita akan teraktivasi setiap harinya sehingga tidak terjadi penurunan fungsi kognitif. Perhatiin ga kalau kakek-nenek yang masih suka baca koran, novel, atau ngisi TTS pasti tidak gampang lupa dan masih bisa diajak menalar, ga pikun gitu. Nah kita, juga sama, setiap hari pasti ada yang kita baca (terpaksa atau ga terpaksa, haha!)

  1. Olahraga cardiovascular secara teratur (sumber: Mr. Donny Hendrawan, Ph.D.)

Nah, selain olah otak ternyata olahraga sangat penting jadi ga gampang sakit dan bisa meningkatkan kapasitas memori kita juga. Indah rajin banget olahraganya, berhubung kami sekamar jadi malu kalo ga ikut haha.. Selain lari kelilingin UI (pars pro toto), kami lagi punya cara baru buat olahraga : zumba dan body combat. Download aja videonya di youtube terus pasang deh di TV. Berhubung hoki banget, maminya Indah bisa dapet kost yang luas banget gini, jadi kita bisa olahraga di kamar haha .. thank you tante, ketjup :*

  1. Makan sehat, enak dan murah

Nah semua anak kost pasti mau banget kan yang kaya gini: warteg sehat, enak dan murah. Yup, kami sudah menemukannya. Kalau kost di Barel UI kalian bisa coba warteg padaringin yang lokasinya di Jl Cengkeh, ada sayur mayur dan protein. Favoriteku tumis oncom leunca; favorit indah tumis oncom leunca dan daun singkong. Rp 14.000 udah makan kenyang + minum; kadang kita bisa Cuma bayar Rp 10.000 or less. Sebelah padaringin ada warung a’epot yang jualan jus enak banget, kental dan berasa buahnya; tapi better request biar gulanya ga kebanyakan haha..

  1. Bertanggung jawab atas apa yang kita tulis (sumber: Mrs. Sherly Saragih, Ph.D.)

Nah, poin ini ngajarin kita untuk ga ngasal dalam membuat laporan. Poin ini bikin kita baca lebih banyak, mikir lebih banyak dan menulis lebih sedikit hahaaha.. Bagus banget kan, bertanggung jawab tuh ga cuma sama tulisan kita tapi sama hidup kita. Bertanggung jawablah atas semua pilihan kita, termasuk milih S2 profesi klinis di UI

  1. Bertemanlah

Berteman maupun bersahabat membuat kita bisa berbagi perasaan dan pemikiran, saling menguatkan dan tertawa bersama. Kami beruntung kami berdua bersahabat dan kami beruntung kami punya banyak sahabat di kampus. Ams 17:17 – seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi saudara dalam kesukaran.

  1. Bernyanyilah

Nah suara indah itu bagus (banget), kalo nyanyi bisa kaya ada vibranya gitu.. Bagus banget (T.T) bayangin asiknya dinyanyiin tiap hari. Kata Indah menyanyi lebih menyenangkan dari kuliah haha, salah jurusan nih kayanya atau nanti kalau udah jadi dosen, dia bisa nyanyiin mahasiswanya.. Aku? Ya, aku suka nyanyi cuma ga tau orang suka atau engga dengernya haha..

  1. Keep having fun !

Ya kaya kita gini, setelah cape belajar, kita suka me-reward diri haha.. Hari ini kita nyobain makan steak. Steaknya Indah namanya Dino Special Steak yang diatasnya ada sunny egg yang bentuknya hati harganya hanya Rp 30.000; Steaknya saya namanya Sirloin Steak rasa saos special dino steaknya oke juga dan harganya hanya Rp 27.500. Porsinya buat perempuan, kayanya kalau cowo mesti beli 2 porsi? Selain itu, lakuin hobi kalian deh… kaya nulis blog ini hahaa..

@dinosteakpasta with Catharina Sri Indah

@dinosteakpasta with Catharina Sri Indah

Naah, itu 9 cara kita survive sebagai mahasiswa S2 Psikologi UI hingga pertengahan semester ini. Doain aja kita survive terus, haha.. any idea untuk ditambahkan? Yuk, jadi teman menulis kami ..

Sampai jumpa !

@putriunin & Catharina Sri Indah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s